free glitter text and family website at FamilyLobby.com

Selasa, 16 Oktober 2007

Penataan Metropolitan Pontianak

Potensi utama kota Pontianak ini adalah terdapatnya Sungai Kapuas sebagai andalan sumberdaya airnya. Sungai Kapuas memiliki fungsi sebagai prasarana transportasi, wisata, sumber air bersih, dan sumber irigasi. Sayangnya Sungai ini belum dapat dimanfaatkan dengan baik seperti sebagai sumber PLTA dan prasarana transportasi umum sampai ke pedalaman. Bahkan informasi terakhir sungai ini BOD dan COD nya sudah melampaui ambang batas dan bahkan terdapat kandungan Mercury.

Metropolitan Pontianak merupakan kawasan strategis nasional karena memiliki peran penting dalam pengembangan Pulau Kalimantan dan merupakan pusat pertumbuhan kawasan perbatasan. Pengembangan Kota Pontianak sebagai kota Metropolitan diharapkan dapat mendorong perkembangan kota-kota sekitarnya dan dapat meningkatkan peran kota ini dalam pengembangan Kalimantan.

Penataan Metropolitan Pontianak harus dilakukan dengan memanfaatkan potensi utamanya yaitu pengembangan potensi Sungai Kapuas. Pelabuhan Pontianak sebagai Pelabuhan Nasional dapat diandalkan sebagai pusat koleksi dan distribusi barang dan transportasi untuk melayani wilayah belakangnya.

Pelabuhan Pontianak perlu terkoneksi dengan Pelabuhan udara dan rencana jalan arteri trans Kalimantan untuk menignkatkan peran Kota Pontianak sebagai pusat pertumbuhan wilayah Kalimantan Barat dan menjadi Counter Magnet dari arah pergerakan yang selama ini berorientasi ke Kota Kuching (Malaysia)

Pengembangan Kota Pontianak dilakukan dengan Konsep "Water Front City" atau pengembangan kota berorientasi air Sungai Kapuas.

Tidak ada komentar: