free glitter text and family website at FamilyLobby.com

Kamis, 21 Februari 2008

Sumbangan Temantin Baru untuk Kota

Ini ide cemerlang dari Pemerintah Kabupaten Kuningan Jawa Barat. Setiap temantin baru wajib menyumbang pohon untuk penghijauan kota. Nama programnya "Pepeling" atau Program pengantin Peduli Lingkungan.
Hasilnya, sebanyak 13.500 pohon dari berbagai jenis di tanam di lokasi lahan kritis. Bibit tersebut adalah pemberian dari dari pasangan temantin se Kabupaten Kuningan selama bulan November dan Desember 2007.
Salut untuk bapak bupati Kuningan yang telah mencanangkan Kabupaten Kuningan sebagai kabupaten konservasi.
Idealnya memang setiap pertambahan seorang penduduk perlu didukung oleh sebuah pohon untuk mendukung daya dukung lingkungannya terutama untuk pasokan oksigen.
Kejadiannya saat ini di kota-kota adalah bertambahnya penduduk meningkatkan kebutuhan perumahan/ lahan terbangun kota yang menggusur pepohonan, dan mengakibatkan semakin berkurang luas lahan terbuka hijau. Pantas saja terjadi bencana di sana-sini, dari bencana banjir, tanah longsor atau kekurangan air di musim kemarau.
Jadi, agar lingkungan kita tetap terjaga, sebaiknya memang perlu diserukan bertambahnya kelahiran harus didukung oleh penambahan sebuah pohon. Indah sekali "Pepeling" ini, para temantin baru sudah menyiapkan lingkungan yang nyaman untuk anak cucu nya kelak. Sebaiknya program ini perlu diikuti dengan program tambahan dengan program Bayi peduli lingkungan atau setiap kelahiran/ pengurusan akta kelahiran diwajibkan menanam sebuah pohon.
Lestari temantin baru Pepeling, lestari kotaku dan lestari lingkungan hidupku.
Kabupaten mana yang mau menyusul ??

3 komentar:

Anonim mengatakan...

Hello. This post is likeable, and your blog is very interesting, congratulations :-). I will add in my blogroll =). If possible gives a last there on my blog, it is about the Livros e Revistas, I hope you enjoy. The address is http://livros-e-revistas.blogspot.com. A hug.

planner community mengatakan...

nama saya fajar apriliyan, saya berasal dari kabupaten kuningan tepatnya dari desa karangtawang dan sekarang saya sedang menempuh pendidikan S1 PLANOLOGI UNISSULA SEMARANG. pertama saya akan mengucapkan selamat kepada bapak bupati kuningan bpk.AANG HAMID SUGANDA telah membuat program penghijauan kota mungkin apabila lebih populernya yaitu dengan mewajibkan setiap temantin untuk menanam pohon, saya sangat setuju sekali dengan program tersebut. bolehkah saya untuk memberikan masukan kepada bapak-bapak atau ibu-ibu yang bekerja di dinas tata kota kuningan dan bahkan mungkin buat bapak bupati kuningan. saya mempunyai beberapa riset yang ingin saya lakukan untuk kota kuningan ini, yaitu: pertama, saya ingin membuat kota baru di kabupaten kuningan,artinya adalah konsep kota baru ini tidak lepas dari karakteristik kuningan dengan sektor andalannya adalah pertanian/agropolitan. karena saya ingin merubah pola pikir yang ada pada masyarakat kuningan, karena meraka beranggapan bahwa situasi kota berada di sekitar jalan siliwangi saya tidak setuju dengan pola pikir tersebut!kenapa?karena masa kota hanya berjarak 100meter! saya yakin bahwa bapak bupati kuningan sekarang mempunyai karakteristik yang tegas dalam mengambil keputusan baik keputusan yang bersifat strategis maupun strategis. saya hanya berpesan kepada yang mendengarkan bahwa sebuah jalur transportasi yang baik adalah salah satu faktor berkembang cepatnya sebuah kota mungkin bisa dikatakan sebagai tolak ukur dalam berkembangnya sebuah kota. semoga bapak H.AANG HAMID SUGANDA dapat menjadi bupati periode 2008-2013. saya akan mendukung bapak. selamat bekerja buat beliau.semoga sehat selalu

hermawan-patrianto mengatakan...

Ide Pa Bupate cukup sederhana, tapi dampaknya sangat besar. Sejalan dengan bertambahnya orang yang menikah, otomatis pohon2 akan bertambah, jika dipelihara dengan baik. Sehingga jika program ini konsisten dijalankan, kedepan Kuningan akan berwarna hijau...